Pelatihan Ngeblog Hingga Mengudara Di Bali FM

Oleh Winarto

Satu pelatihan telah terselesaikan lagi. Ya, Minggu 7 Maret kemarin adalah pelatihan ngeblog untuk pelajar SMA/SMK se-Bali untuk tahap kedua. Kegiatan ini adalah hasil “keroyokan” tiga organisasi/komunitas di Bali yaitu Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana Bali, Bali Blogger Community (BBC), dan Sloka Institute. Sebagaimana diketahui, kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama diselenggarakan pada 21 Februari 2010 di Kota Denpasar, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Jembrana; dan tahap kedua dilakukan pada hari Minggu tanggal 7 Maret 2010 di Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng.

Pada pelatihan tahap pertama, saya memilih untuk bergabung dengan tim Klungkung. Di pelatihan tahap kedua kemarin, sebenarnya saya ingin berpetualang bersama tim Singaraja (Buleleng). Namun, karena harus mengawal BBC on Air di Bali FM, dengan sangat terpaksa, adventure ke Singaraja harus tertunda hingga waktu yang tidak ditentukan. Tapi, hal itu bukan menjadi suatu masalah, sebab Gianyar juga pasti memberikan daya tarik tersendiri.

Tim Gianyar, dikomandani oleh Baliun. Di milis Bali Blogger Community, dua hari sebelum kegiatan telah dilakukan koordinasi keberangkatan tim Gianyar. Sang komandan ternyata harus berangkat Minggu pagi ke Gianyar karena ada upacara di kampung halamannya, sedangkan tim yang lain menyusul. Setidaknya ada 5 orang telah mengkonfirmasi bahwa akan berangkat ke Gianyar, yaitu Winarto, Gung WS, John Black, Wirama dan Bagus Andryan. Kedua nama yang disebutkan terakhir adalah generasi muda harapan bangsa yang patut diacungi jempol, karena meskipun masih SMA, namun telah memiliki kompetensi dalam bidangnya masing-masing. Wirama adalah salah satu penggiat dan pengembang Open Source Linux sedangkan Bagus Andryan adalah juara kedua menulis di Kompas Muda tahun 2010.

Berdasarkan koordinasi online di milis, disepakati bahwa tim Gianyar akan berkumpul di Radio Bali FM pukul 11.00 WITA, kecuali Wirama karena berdomisili di Klungkung. Saya mulai persiapan setelah menonton film Doraemon dan Crayon Sinchan dan berangkat ke Bali FM empat puluh menit kemudian. Ketika hendak keluar dari halaman rumah, ada sebuah SMS masuk. Ternyata dari Bagus Andryan, memberitahu bahwa sudah sampai di Bali FM. Saya membalas pesan itu bahwa masih dalam perjalanan menuju ke Bali FM.

Sekitar 15 menit kemudian, saya pun tiba di Bali FM dan benar, ada seseorang yang sudah ada di depan Bali FM. Kebetulan saya belum pernah ketemu Bagus Andryan. Seusai memarkir kendaraan, saya menyapa dan bertanya apakah seseorang yang sedang mendengarkan musik memakai earphone itu adalah Bagus Andryan, dan ternyata memang benar bahwa dialah juara kedua menulis Kompas Muda itu. Sambil ngobrol ringan, kami menunggu kedatangan teman-teman yang lain yaitu Gung WS dan John Black. Semoga tidak lama menunggu.

Harapan itu tidak semua terpenuhi. Gung WS tiba di Bali FM kira-kira pukul 11.20 WITA. Saya mencoba menghubungi John Black. Sempat tidak ada kabar tentangnya. Namun setelah mencoba beberapa kali, akhirnya bisa menghubungi. John Black minta agar ditunggu karena belum tahu lokasi pelatihan. Saya, Bagus Andryan dan Gung WS pun menunggu lumayan lama, sebab mendekati jam 12.00 WITA, Mr. John belum tampak juga di Bali FM. Setelah jarum jam melewati 5 menit dari jam 12.00 WITA, akhirnya semua tim Gianyar yang janjian ketemuan di Bali FM lengkap dan langsung menuju ke Gianyar melalui jalur kota, bukan By Pass Ida Bagus Mantra.

Di siang hari yang sangat panas itu, menjadi lebih dingin ketika semangat dan sepenuh hati untuk berbagi melalui pelatihan blog. Sesudah menempuh tiga puluh menit perjalanan akhirnya kami tiba di lokasi SMA 1 Gianyar yang berada di Jalan Ratna. Setelah memarkir sepeda motor, ada ide untuk mencari makan terlebih dahulu. Seusai mencari teman-teman Pers Mahasiswa Akademika yang sudah berada di SMA 1 Gianyar sejak Sabtu, saya, Bagus Andryan, John Black dan Gung WS pun kembali ke lokasi parkir untuk mencari makan siang. Gung WS yang dipercaya menjadi komandan penunjuk jalan karena yang sudah familiar dengan Gianyar pun mengajak untuk makan bakso. Tidak sampai sepuluh menit, akhirnya sampai juga di warung bakso Solo.

Ada yang pesan bakso, adapula yang pesan mie ayam, dan apapun….minumnya teh botol Sosro. Tidak lupa terima kasih untuk Mr. John Black yang sudah traktir. Puas dan kenyang, kami berempat kembali ke SMA 1 Gianyar untuk persiapan pelatihan dan mengecek segala perlengkapan, termasuk koneksi, karena belajar dari pelatihan tahap satu yang mengalami permasalahan pada koneksi internet. Kami tidak ingin tragedi dua minggu yang lalu terulang lagi dalam pelatihan di Gianyar kali ini.

Salah seorang panitia dari Pers Mahasiswa Akademika mengantar kami ke ruang Multimedia SMA 1 Gianyar. Tiba di ruang itu, saya terkejut karena melihat fasilitas ruang komputer yang betul-betul bagus dan ternyata masih relatif baru. Karpetnya masih bersih dan tampak baru serta meja-meja belum banyak coret-coretan ala anak-anak sekolah. Penasaran dengan komputer di ruang multimedia, saya pun ingin mengetahui bagaimana koneksinya. Ada beberapa pengurus OSIS SMA 1 Gianyar yang berada di sana sedang berinternet dan membuka Youtube dan Facebook. Terlihat sangat lancar video-video yang tampil di Youtube. Jadi, kesimpulan sementara koneksi internet bisa diandalkan untuk pelatihan ngeblog.

John Black terlihat sedang mempersiapkan LCD dan materi presentasi. Saya dan teman-teman BBC yang lain menghidupkan semua komputer yang ada di sana sambil mencobanya. Tidak lupa membuka email untuk memantau dan mengabarkan perkembangan pelatihan di lokasi lain. Hampir mendekati jam 15.00 WITA, terlihat peserta pelatihan sudah memasuki ruangan. Dari enam belas (16) meja yang ada di ruang multimedia, terisi lima belas (15) orang yang berasal dari lima (5) sekolah, yaitu SMA 1 Gianyar, SMA 1 Payangan, SMA 1 Tampaksiring, SMA 1 Sukawati dan SMA 1 Ubud.

Beberapa saat kemudian, Baliun yang tiba 30 menit sebelum pelatihan, memulai dengan membuka dan memperkenalkan Bali Blogger Community. Dilanjutkan dengan John Black yang menjelaskan tentang blog dan praktek membuat dan mengelola sebuah blog. Beberapa peserta ternyata telah memiliki blog, namun dengan menggunakan Blogspot. Dalam setiap pelatihan, Bali Blogger Community menggunakan engine WordPress karena lebih user friendly dan mudah dalam mengelola serta mendesain.

Ketika John Black menjelaskan di depan, teman-teman BBC yang tergabung di tim Gianyar berada di belakang untuk membantu peserta, kalau-kalau ada peserta yang membutuhkan bantuan. Wirama yang memberitahu lewat Facebook bahwa terlambat datang, akhirnya datang dan bergabung dengan teman-teman yang lain di ruang Multimedia SMA 1 Gianyar. Peserta pelatihan sebagian besar sudah memiliki bekal komputer dan ngeblog, sehingga pelatihan berjalan dengan lancar, bahkan ada yang telah beberapa langkah lebih maju ketimbang penjelasan yang diberikan oleh John Black yang memberikan penjelasan secara setahap demi setahap.

Pelatihan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut akhirnya selesai. Peserta telah dipandu untuk membuat dan mendaftar, mengkonfigurasi, mengelola dan mengintegrasikan blog dengan Facebook. Selain itu diberikan tips-tips sederhana agar blog ramai dikunjungi, seperti rajin memperbarui blog dan melakukan blog walking serta meninggalkan komentar di blog milik orang lain. Dan tidak lupa, para peserta diajak untuk bergabung dalam milis Bali Blogger Community. Setelah berfoto bersama, para peserta pelatihan pun kembali bergabung dengan teman-teman mereka untuk melanjutkan lomba koran dinding, sedangkan tim BBC akan meninggalkan SMA 1 Gianyar untuk menuju ke Pasar Senggol Gianyar dan siaran di Radio Bali FM.

Sampai di Pasar Senggol Gianyar dan kemudian memarkir sepeda motor, kami masuk ke pasar itu. Sudah banyak penjual makanan, minuman, mainan dan pakaian menjajakan barang dagangan mereka. Demikian pula, para pengunjung terlihat hilir mudik di sana, tidak terkecuali kami yang hanya berjalan-jalan menyusuri dan menambah keramaian pasar senggol di kala sore hari. Sepertinya hanya Baliun dan Gung WS yang membeli beberapa jajanan, hingga akhirnya kami memutuskan untuk ke Radio Bali FM di Kawasan Batu Bulan karena jam 19.00 WITA, tim Gianyar akan mengudara di acara BBC on Air. Baliun yang semula hendak ikut siaran dengan terpaksa dibatalkan karena ada panggilan untuk pulang ke rumah.

Rute pulang sore itu menempuh jalur kota, tidak lewat By Pass Ida Bagus Mantra karena di sana banyak debu dan jalanan yang rusak serta sedang dalam perbaikan. Lalu lintas jalan menuju ke Radio Bali FM tidak terlalu ramai hingga tidak terasa sudah sampai di daerah Batu Bulan. Masih tiga puluh menit lagi menuju BBC on Air. Di studio telah siap Nana, yang sedang siaran Jelang Malam. Ketika memutar sebuah lagu, Nana keluar dan berkenalan dengan teman-teman BBC.

Setelah Nana menutup program Jelang Malam, kami berlima pun memasuki studio dan bersiap-siap mengudara. Topik yang diangkat kali ini adalah pelatihan blog yang telah dilakukan. Secara bergantian, kami menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh Nana, kadang diselingi dengan canda ringan dan foto-foto di studio. Ketika hampir jeda, Okri dan Indra dari Pers Mahasiswa Akademika muncul di studio dan bergabung untuk ikut siaran dan memberikan informasi terkait dengan lomba koran dinding dan pelatihan ngeblog, termasuk lomba blog yang akan diselenggarakan untuk kelompok jurnalistik SMA/SMK se-Bali. Informasi lomba dapat dilihat di website Bali Blogger Community.

Waktu menunjukkan hampir pukul 20.00 WITA, dan BBC on Air pun akan ditutup. Sebenarnya akan ada laporan langsung dari teman-teman yang ada di Tabanan dan Singaraja. Namun karena ada masalah teknis pada telepon di Bali FM, rencana tersebut terpaksa dibatalkan. Akhirnya, di Bali FM pula kami berpisah untuk pulang ke rumah masing-masing. Namun saya sangat yakin akan ada event lain yang akan menemukan kami kembali, minimal perjumpaan secara online. Senang bisa berkumpul dan berbagi.

Diambil dari http://winarto.in/2010/03/pelatihan-ngeblog-hingga-mengudara


Comments

2 responses to “Pelatihan Ngeblog Hingga Mengudara Di Bali FM”

  1. mantap mas…

    teruslah berjaya….

    salam kenala dary saya,,,,

  2. Kereeen…..
    Sukses utk Bali Blogger Community.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *